FLP Bali “Dialog Sastra Habiburrahman El Shirazy” di 1st IBF Bali 2014

Islamic Book Fair merupakan pameran buku islam terbesar dan terlengkap di seluruh nusantara yang berlangsung sejak 2002. Event yang berlangsung setiap tahun di beberapa daerah ini merupakan salah satu destinasi wisata buku islam yang ditunggu-tunggu oleh para penikmat sastra tanah air. Rangkaian IBF 2014 diawali dengan dibukanya IBF Jakarta yang berlangsung di Istora Senayan dan dilanjutkan dengan beberapa daerah lain di Indonesia.


Sebagai salah satu kawasan pariwisata dengan jumlah muslim yang masih sedikit, Pulau Bali pun tak ingin tertinggal. IBF 2014 yang berlangsung tanggal 26 April – 3 Mei 2014 di Exhibition Hall Denpasar Junction merupakan kali pertama pameran buku islam ini terselenggara. Meskipun tidak sebesar dan selengkap IBF yang berlangsung di Jakarta dan beberapa daerah di Pulau Jawa, The First IBF ini mampu menyedot perhatian warga Bali, khususnya muslim, untuk hadir dan berpartisipasi dalam berbagai acara yang ada didalamnya. Mulai dari Lomba, Seminar, dan Talkshow yang mendatangkan artis dan penulis buku yang sudah tak asing di telinga para pecinta buku.

Bekerja sama dengan Forum Lingkar Pena Bali, IBF Bali 2014 turut menghadirkan Habiburrahman El Shirazy. Penulis sekaligus Sutradara Film yang gemilang dengan nuansa islam yang kental di setiap karyanya. Kemahiran menuangkan kalimat nan bersahaja tidak serta merta dimilikinya sejak lahir. Karir gemilangnya di dunia kepenulisan diawali dengan perjuangan besar. Penobatannya sebagai salah satu penulis muda terbaik di Indonesia tidak membuatnya alpa terhadap pengalaman sederhana yang melambungkan namanya. Beberapa karyanya bahkan menjadi Best Seller di tingkat Nasional dan Asia Tenggara. Sebut saja Ayat-Ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih, dan Bumi Cinta yang sebagian sudah difilmkan di layar lebar dan layar kaca Indonesia.

Talkshow yang bertajuk Dialog Sastra bersama Habiburrahman El Shirazy ini rupanya cukup diminati pengunjung IBF (Minggu, 27 April 2014). Bu Dina selaku Ketua Bidang Kaderisasi FLP Wilayah Bali mendapat kesempatan menjadi moderator mendampingi Kang Abik –sapaan Habiburrahman. Acara berlangsung baik dengan peserta tidak hanya memenuhi kursi yang tersedia, bahkan juga duduk di bagian tepi balkon dekat panggung. Perbincangan berlangsung hangat dan interaktif dengan melibatkan para peserta secara langsung. Tentunya banyak ilmu yang dapat diserap sebagai bekal calon penulis masa depan yang mendedikasikan karya sebagai bagian dakwah mulia. (ky)

Dialog Sastra bersama Kang Abik (dok.FLPBali)
Peserta memadati acara (dok.FLPBali)

Bingkisan untuk penanya (dok.FLPBali)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *