Giatkan Literasi, FLP Bali Berpartisipasi dalam Praktik Baik Literasi Guru SD di Kota Tabanan

Forum Lingkar Pena sebagai salah satu organisasi yang peduli terhadap gerakan literasi khususnya di wilayah Bali. Ikut berpartisipasi dalam praktik baik literasi guru SD di Tabanan yang diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Bali melalui media zoom meeting dan disiarkan langsung melalui kanal youtube Balai Bahasa Bali.

Kegiatan ini diselenggarakan selama, tiga hari mulai tanggal 1-3 September 2020.

Walaupun di tengah pandemi saat ini, tidak menyurutkan langkah Balai Bahasa Provinsi Bali untuk terus berupaya menumbuhkan minat baca siswa dengan membangun lingkungan sekolah yang literat. Ketua pelaksana dari Balai Bahasa Provinsi Bali I Made Sumalia mengatakan bahwa kegiatan Gerakan Literasi Nasional berupa Praktik Baik Literasi bagi Guru SD di Kota Tabanan, bertujuan untuk membantu para guru SD di kota Tabanan dalam upaya meningkatkan literasi baca tulis dan literasi numerasi para peserta didik.

Sebanyak empat puluh tiga guru kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 SD se- Kabupaten Tabanan hadir menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

“Indeks literasi di Indonesia berdasarkan penelitian yang dilakukan saat ini masih rendah. Kami berharap dengan kegiatan ini dapat memotivasi guru SD untuk lebih menggiatkan literasi di sekolah masing-masing,” urai Toha Machsum, M.Ag., Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali dalam sambutannya.

Ketua FLP Bali, Dina Romadhianingrum, S. Pd. yang juga didaulat sebagai salah satu narasumber kegiatan tersebut mengatakan bahwa untuk mewujudkan Gerakan Literasi Nasional semua pihak seperti keluarga, sekolah, masyarakat, dan keluarga Dan pemerintah perlu saling bersinergi.

“Kami sangat berterimakasih atas kepercayaan Balai Bahasa Provinsi Bali kepada FLP Bali untuk ikut sharing dengan para guru SD di kota Tabanan. Selain itu kami juga bisa bertemu dan belajar dari para komunitas literasi serta penulis Bali yang dedikasinya untuk literasi sangat luar biasa, ” ungkapnya.

Praktik Baik Literasi bagi guru SD di Kota Tabanan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tabanan yang diwakili oleh I Wayan Wiratma, M.Pd., sekretaris Diknas Tabanan. Dalam kegiatan tersebut, selain FLP ada lima narasumber pegiat literasi lainnya seperti: I Gede Eka Putra Adnyana, S.Pd., I Wayan Nitayadnya, M. Hum., Ni Luh Ayu Nitya Laksmi, M.Pd., I Wayan Sandika Adi, S.Pd. dan Dr. Ida Ayu Made Gayatri, S. Sn., M. Si.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut diisi dengan materi antara lain “Literasi Baca Tulis”, “Jenis, strategi dan Tekhnik Literasi Baca-Tulis dalam pembelajaran”, “Pengembangan Klub STEM berdasarkan Literasi Numerasi”, “Paktik Membaca Berbagai jenis Teks Numerasi”, “Praktik Menulis Kreatif berdasarkan Literasi Numerasi.”

Para peserta terlihat antusias dan semangat mengikuti seluruh materi yang diberikan oleh narasumber walaupun tidak bersemuka. “Terima kasih kepada semua narasumber praktik baik literasi di kota kami, materinya sangat menginspirasi,” ujar Diah Wulastri, salah satu peserta yang mengikuti.

Di akhir pelatihan para peserta diminta untuk menyerahkan beberapa karya seperti cerpen, artikel, esai, video pembelajaran dan sebagainya. “Semua hasil karya dari para guru akan dipublikasikan dalam bentuk e-book dan diunggah ke laman Balai Bahasa Provinsi Bali,” ungakap salah satu panitia. (DN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *