Pelantikan Pengurus FLP Cabang Badung dan Denpasar, Bali Periode 2020 – 2021

 “Forum Lingkar Pena adalah hadiah dari Tuhan untuk Indonesia,” ungkapan dari seorang sastrawan Indonesia, Taufik Ismail.

Hal itu bukan tanpa alasan, beliau kagum pada pesatnya perkembangan dan potensi Forum Lingkar Pena dalam memajukan literasi bangsa. Kehadirannya tak sekadar meramaikan kancah komunitas literasi, tapi juga memberikan harapan agar kelak kita meninggalkan generasi yang beradab.

Sebuah pencapaian yang diawali dengan keprihatinan tiga aktivis literasi,  Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, dan Mutmainnah atas kurangnya bacaan bermutu, serta wadah kepenulisan bagi mahasiswa. Mereka bersama rekan mahasiswa Fakultas Satra mengadakan pertemuan di Masjid Ukhuwah Islamiyah, Universitas Indonesia. Pertemuan yang menyepakati terbentuknya organisasi kepenulisan Forum Lingkar Pena pada 22 Februari 1997.

Organisasi ini terbentuk dengan mengusung visi yaitu memberi pencerahan melalui literasi. Visi besar harus didukung dengan misi yang kuat dan aplikatif. Adapun yang menjadi misi FLP diantaranya; Meningkatkan mutu dan produktifitas karya anggota, membangun jaringan penulis, meningkatkan budaya membaca dan menulis di kalangan masyarakat, serta memperjuangkan kehidupan yang lebih baik bagi penulis.

FLP Wilayah Bali turut mendukung visi misi organisasi dengan membentuk dua cabang yaitu FLP Cabang Badung dan Denpasar dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Satu pencapaian yang hanya mungkin terjadi atas sinergi dan komitmen kuat dari seluruh pengurus dan jajarannya.

***

Pelantikan FLP Cabang Badung Periode 2020 – 2022

Minggu, 15 Maret 2020, bertempat di Quest Hotel Kuta, tepat beberapa hari sebelum pembatasan sosial akibat merebaknya pandemi Covid-19. Ibu Dina Romadhianingrum selaku ketua FLP Wilayah Bali melantik tujuh orang pengurus FLP Badung.

Adapun yang menjadi pengurus FLP Badung antara lain :

Ketua              : Mina Megawati

Sekretaris       : Nina Nur Azizah

Bendahara      : Fitria Arissia Fadhilah

Divisi Humas & Kaderisasi : Al’ Anshori, QH., S. Pd & Ahmad Afandi

Divisi Karya    : Mirna Rizka & Nur Azizah

Kolaborasi team dan dukungan para sponsor seperti Telkomsel (SAFE), CV. Mulia Artha Sejahtera, Sehat Segar Herbal Drink, Benlaris, Sekolah Mutiara dan Genius Day Care menjadi cikal bakal terwujudnya acara ini. Para tamu undangan yang mayoritas merupakan para pendidik di sekolah dari wilayah Badung dan sekitarnya, media, komunitas pegiat literasi dan Duta Bahasa Provinsi Bali tampak antusias.

Pelantikan diawali dengan pengucapan sumpah pengurus, diikuti dengan acara talkshow bedah buku ‘Dari High Heels ke Sendal Jepitkarya Mina Megawati.

Peserta tampak antusias dengan banyaknya pertanyaan seputar bagaimana menumbuhkan kedisiplinan menulis, merealisasikan ide, dan menata diri untuk tetap konsisten menulis. Semua pertanyaan terjawab dengan satu kata yaitu niat. Ketika niatmu kuat maka itu akan membawamu menemukan jalan, membuatmu bersedia merelakan sebagian waktumu untuk menjalani proses itu.

Baca juga artikel : Perjalanan Menulis Dari High Heels ke Sendal Jepit

***

Pelantikan FLP Cabang Denpasar Periode 2020 – 2022

Bertempat di Benlaris Digital Marketing Agency, Denpasar pada hari Minggu, 11 Oktober 2020, Ibu Dina selaku ketua dan jajarannya mendukung visi untuk menyebarluaskan literasi keberadaban di Bali dengan melantik kesebelas pengurus FLP Denpasar. Pelantikan berlangsung lancar dengan disaksikan oleh beberapa audience dan tamu undangan melalui aplikasi zoom.

Pengurus FLP Denpasar antara lain :

Ketua              : Siti Nurhasanah

Sekretaris       : Atika Qomalasari

Bendahara      : Yani Eka Aprilia

Divisi Humas : Afriza Luqman, Dinda Suci Rahmadani

Divisi Kaderisasi : Muhammad Fadilla, Januar Krishandayanto, Chayrul Hamzah

Divisi Karya    : Khazin Aldo Hatamarasyid

Divisi Rumah Cahaya : Ananda Fitria Karunia, Yunita Kristina Utami

Setelah mengucapkan sumpah jabatan, acara dilanjutkan dengan talkshow bertemakan “Menerbitkan Buku di Era Digital,” dengan menghadirkan narasumber Fatkur Rohman selaku Sekretaris FLP Bali dan CEO dari Benlaris Digital Agency, bersama Rinjani Magenta sebagai Ketua Divisi Karya FLP Bali dan Pimred Penerbitan AT Press dan Dina Romadianingrum selaku Ketua Umum FLP Bali.

Talkshow berlangsung seru dan interaktif. Narasumber yang sudah mumpuni di bidangnya memberikan banyak masukan tentang kemudahan yang ditawarkan untuk menerbitkan karya di era digital bagi para penulis.

Beragamnya platform menulis dan membaca online seperti Cabaca, Storial.co, Steller,  menawarkan banyak kemudahan bagi penulis untuk memublikasikan tulisannya. Namun perlu diperhatikan, penulis harus teliti dalam memilih platform yang sesuai dengan genre tulisan serta siapa pembaca yang hendak dituju.

Pak Fatkur menyebutkan, selain meningkatkan kemampuan menulis, seorang penulis harus mempunyai trik khusus bagaimana dia dan karyanya ingin dikenal dan diminati publik. Semua itu memerlukan konsistensi, ketekunan, dan proses panjang.

Di sisi lain, Rinjani menegaskan, tugas penulis hanyalah dua hal utama yaitu menulis dan selesaikan tulisanmu. Sebuah karya yang bisa dinikmati pembaca hanyalah karya yang selesai ditulis. Bukan sesuatu yang masih menggantung di angan-angan dan tak pernah menjumpai kata tamat.

Semoga semua itu akan mematik semangatmu untuk menyelesaikan karya.

Salam Literasi

Berbakti – Berkarya – Berarti

Ditulis oleh Mina Megawati

9 thoughts on “Pelantikan Pengurus FLP Cabang Badung dan Denpasar, Bali Periode 2020 – 2021

  • October 31, 2020 at 3:09 pm
    Permalink

    Selamat dan sukses FLP Bali atas terbentuknya pengurus baru, keren euy pelantikannya di hotel

    Reply
  • November 2, 2020 at 2:50 am
    Permalink

    Emang tantangan banget sekarang jadi penulis ya, perlu promosi juga di medsos dan harus mau dengan perubahan sudah pakai platform

    Reply
  • November 2, 2020 at 3:52 am
    Permalink

    Alhamdulillah, senang banget dengan semangat para anggota dan pengurus FLP Bali semoga tambah semangat berkarya dan berorganisasi ya aamiin!

    Reply
  • November 2, 2020 at 5:30 am
    Permalink

    Wah ternyata Ketua FLP ya, mantap pelantikan sekalian peluncuran buku. Semoga FLP Bali menjadi corong berbakti, berkarya, berarti

    Reply
  • November 2, 2020 at 11:29 am
    Permalink

    Barokallah wa innalillah para pengurus baru, semoga bisa semakin mengharumkan FLP Khususnya di FLP Bali, sekali lagi selamat yaaa atas

    Reply
  • November 2, 2020 at 1:08 pm
    Permalink

    Wah selamat atas pelantikan pengurus baru, semoga sukses dan banyak program kece yang terlaksana

    Reply
  • November 2, 2020 at 2:30 pm
    Permalink

    Barakalllah ya, selamat buat pengurus baru semoga lebih senang dan semangat di masa yang akan datang

    Reply
  • November 3, 2020 at 12:12 am
    Permalink

    Barakallah …. jadi inget belasan tahun lalu pas aku coba diriin FLP Jambi. masih bs ngobrol2 santai via tlp dg mbak asma nadia, mbak yayuk (klo gak salah) dan bbrp tokoh pusat lainnya. skrg kita sdh saling lupa, wkwk

    Reply
  • November 6, 2020 at 12:53 am
    Permalink

    Selamat atas pelantikannya, semoga periode kepengurusan sampai berakhir masanya nanti membuahkan banyak program kerja yang produktif dan inspiratif. Salam pena!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *